Syarat dan Ketentuan

Mulai dari 1 Desember 2020

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Sambilan

BACALAH SELURUH KETENTUAN PENGGUNAAN INI SEBELUM MENGAKSES ATAU MENGGUNAKAN APLIKASI Sambilan

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi Sambilan, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan ketentuan. Syarat dan ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan penyedia aplikasi Sambilan. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan aplikasi Sambilan.


I Definisi

  1. PT Alta Solusi Indonesia adalah perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa aplikasi dengan nama aplikasi Sambilan, yakni aplikasi pencarian jasa yang nantinya akan dikerjakan oleh penyedia jasa. Selanjutnya disebut Sambilan.
  2. Website aplikasi Sambilan adalah sambilan.id dan nama aplikasi yang terdaftar di Google Play dan App Store adalah Sambilan
  3. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Sambilan yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Sambilan, serta tata cara penggunaan sistem aplikasi Sambilan.
  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Sambilan, termasuk namun tidak terbatas pada pencari jasa, penyedia jasa maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs maupun aplikasi Sambilan.
  5. Penyedia jasa adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas jasa yang dicari oleh pencari jasa di aplikasi Sambilan.
  6. Pencari jasa adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan pencarian jasa dan/atau melakukan penawaran atau meminta penawaran atas suatu jasa kepada para Pengguna aplikasi Sambilan.
  7. Jasa adalah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.
  8. Saldo adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik penyedia jasa yang dibayarkan oleh pencari jasa (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Sambilan untuk menampung pembayaran dana transaksi ketika suatu pekerjaan jasa telah selesai dilaksanakan. Dana ini hanya dapat ditarik oleh penyedia jasa pada aplikasi Sambilan dan/atau dapat ditarik ke akun bank yang didaftarkan.
  9. Penawaran adalah nilai atau harga jasa yang ditawarkan oleh penyedia jasa kepada pencari jasa atas jasa yang diminta oleh pencari jasa.
  10. Daftar jasa adalah kumpulan pencarian jasa yang dibuat oleh pengguna dan memiliki 2 kategori yaitu daftar jasa yang dikerjakan secara online (tidak perlu tatap muka / bertemu langsung) dan daftar jasa offline (tatap muka / bertemu langsung).
  11. Masa tayang adalah tenggat waktu yang dibuat oleh pencari jasa ketika sedang mencari suatu jasa yang diinginkan.
  12. Jasa online adalah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh penyedia jasa kepada pencari jasa yang dilakukan tanpa perlu bertatap muka secara langsung antara pencari jasa dan penyedia jasa.
  13. Jasa offline adalah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh penyedia jasa kepada pencari jasa yang dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung antara pencari jasa dan penyedia jasa sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan oleh pencari jasa.


II Akun, Saldo, Saldo, Password dan Keamanan

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. Sambilan tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
  3. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna Sambilan.
  4. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai Pencari jasa ataupun Penyedia jasa
  5. Pengguna yang akan mencari jasa diwajibkan memberikan informasi yang relevan sesuai dengan jasa yang dibutuhkan.
  6. Pencarian jasa yang sudah melewati masa tayang maka pencarian jasa yang telah dibuat tidak akan tampil lagi di dalam daftar jasa pada aplikasi.
  7. Sambilan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni pembatalan jasa, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
  8. Sambilan memiliki kewenangan untuk menon-aktifkan akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi, pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Sambilan. Pengguna menyetujui bahwa Sambilan berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pencarian jasa yang baru apabila ditemukan kesamaan data.
  9. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Sambilan, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data pengguna ataupun jasa; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; dan (v) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
  10. Sambilan memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi penyedia jasa atau pencari jasa, penyesuaian jumlah reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi Pengguna (review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses mencari jasa ke diri sendiri dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
  11. Sambilan tidak mematok biaya transaksi / biaya admin atas transaksi yang dilakukan oleh pencari jasa dan penyedia jasa.
  12. Pencari jasa dapat memberikan upah se-ikhlasnya kepada Sambilan sesuai dengan penilaian pencari jasa terhadap aplikasi Sambilan.
  13. Saldo berasal dari penyelesaian jasa sesuai dengan harga penawaran yang telah disetujui oleh pencari jasa stelah dikurangi biaya yang diakui oleh penyedia jasa untuk Sambilan se-ikhlasnya sesuai dengan penilaian penyedia jasa kepada aplikasi Sambilan.
  14. Saldo hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang didaftarkan oleh akun Pengguna, dan tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi jasa.
  15. Sambilan memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Sambilan.
  16. Pencari jasa dilarang melakukan duplikasi pencarian pada daftar jasa atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai suatu kecurangan dan bertentangan dengan syarat dan ketentuan Sambilan.
  17. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  18. Sambilan tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Sambilan menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Sambilan atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  19. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Sambilan jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  20. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Sambilan tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  21. Penyedia jasa dilarang mempromosikan jasa dan/atau keahlian secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi atau diskusi jasa yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.

III Transaksi Pencari Jasa

  1. Pencari jasa bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Sambilan. Pencari jasa melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih, dan kemudian Sambilan akan meneruskan dana ke pihak Penyedia jasa apabila tahapan transaksi penyelesaian jasa pada sistem Sambilan telah dinyatakan selesai.
  2. Pencari jasa dilarang melakukan pencarian jasa terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan Jenis jasa dan juga melanggar hukum yang berlaku.
  3. Saat membuat pencarian jasa, pencari jasa menyetujui bahwa:
    1. Pencari jasa bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang relevan dan deskripsi kebutuhan yang jelas serta harga penawaran yang wajar (apabila penawaran harga dari pencari jasa). Penyediaan gambar yang akurat juga akan mempermudah penyedia jasa untuk menawarkan jasanya kepada anda.
    2. Pencari jasa bersedia untuk memberikan informasi lokasi dari tempat pencarian jasa akan dilaksanakan ataupun dibuat.
    3. Setelah pencarian jasa telah dibuat, maka pihak Sambilan akan mengulas terlebih dahulu. Pencarian jasa yang telah disetujui oleh pihak Sambilan, maka akan segera tayang pada daftar pencarian jasa. Pihak Sambilan yang akan menentukan kategori dari pencarian jasa yang dilakukan.
    4. Sambilan tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas pencarian jasa yang dilakukan kepada penyedia jasa.
    5. Pencarian jasa akan akan muncul didaftar Sambilan selama masa tayang masih berlaku.
  4. Pencari jasa menyetujui dan memahami bahwa pencarian jasa yang dilakukan merupakan tanggung jawab dari Pencari jasa. Sambilan tidak bertanggung jawab atas terpilihnya Penyedia jasa yang dipilih oleh pencari jasa.
  5. Pencari jasa menyetujui dan memahami bahwa segala bentuk masalah yang terjadi ketika proses penyelesaian jasa oleh Penyedia jasa merupakan tanggung jawab dari Penyedia jasa dan segala bentuk penggantian atas kerugian (jika ada), maka Pencari jasa dan Penyedia jasa akan menyelesaikannya diluar dari aplikasi Sambilan.
  6. Pencari jasa memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pencari jasa dan Penyedia jasa selain melalui Rekening Resmi Sambilan dan/atau tanpa sepengetahuan Sambilan (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar aplikasi Sambilan atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pencari jasa.
  7. Sambilan memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  8. Pembayaran oleh pencari jasa wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1 hari) setelah Pencari jasa melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pencari jasa, Sambilan memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  9. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nama yang terdaftar atau keterangan yang jelas. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh Sambilan.
  10. Pencari jasa menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Sambilan. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Sambilan kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Sambilan.
  11. Pencari jasa wajib melakukan konfirmasi pekerjaan selesai ketika penyedia jasa menyelesaikan pekerjaannya. Sambilan memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "Persetujuan selesai" pada sistem Sambilan, untuk Pencari jasa melakukan konfirmasi penyelesaian jasa. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pencari jasa, maka dengan demikian Pencari jasa menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penyelesaian jasa secara otomatis oleh sistem Sambilan.
  12. Setelah adanya konfirmasi Persetujuan selesai otomatis, maka dana pihak Pencari jasa yang dikirimkan ke Rekening resmi Sambilan akan di lanjut kirimkan ke pihak Penyedia jasa (transaksi dianggap selesai).
  13. Pencari jasa memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis Persetujuan selesai adalah bukan menjadi tanggung jawab Sambilan. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis Persetujuan selesai menjadi tanggung jawab Pencari jasa secara pribadi.
  14. Pencari jasa memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah penyelesaian jasa yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pencari jasa.
  15. Pencari jasa memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pencari jasa pergunakan dengan bank Rekening resmi Sambilan adalah tanggung jawab Pencari jasa secara pribadi.
  16. Pencari jasa memahami dan menyetujui bahwa adanya biaya tambahan dalam pembayaran dipergunakan untuk biaya penyedia jasa pembayaran (Payment Gateway).
  17. Pencari jasa memahami dan menyetujui bahwa ketika ingin melakukan pembatalan terhadap transaksi yang telah dilakukan dan ingin melakukan pengembalian dana, maka Pencari jasa dapat melakukan pembatalan dengan cara menghubungi kontak yang telah disediakan di pusat bantuan sesuai dengan jam operasional yang berlaku. Pengembalian dana akan di proses paling lambat 2 hari kerja (waktu operasional Sambilan) dan akan dikenakan biaya tambahan jika pengiriman dana ke rekening tujuan diluar dari rekening yang dimiliki oleh Sambilan (Bank Mandiri, Bank BCA)
  18. Pencari jasa setuju dan mengetahui bahwa pusat bantuan dapat dihubungi sesuai dengan Jam Operasional yang berlaku di Sambilan.
  19. Pengembalian dana dari Sambilan kepada Pencari jasa hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    1. Kelebihan pembayaran dari Pencari jasa atas harga penyelesaiaan jasa (termasuk biaya-biaya tambahan),
    2. Penyedia jasa tidak bisa menyanggupi penyelesaian jasa dengan berbagai alasan yang dapat diterima dan dengan bukti yang jelas yang diserahkan ke pihak Sambilan
    3. Penyelesaian permasalahan melalui tim pendukung berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pencari jasa atau hasil keputusan dari pihak Sambilan.
    4. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan setidak-tidaknya paling lambat 3 hari setelah proses permintaan pengembalian dana. Dana akan dikirimkan kembali ke rekening yang digunakan untuk pengiriman.
    5. Sambilan berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Pencari jasa dan Penyedia jasa, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Sambilan adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pencari jasa dan Penyedia jasa untuk mematuhinya.
    6. Pencari jasa wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Sambilan (PT Alta Solusi Indonesia) tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pencari jasa apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

IV Transaksi Penyedia Jasa

  1. Penyedia jasa setuju dan mengetahui bahwa untuk melakukan penawaran ke Pencari jasa, Penyedia jasa harus melakukan pengaktifan akun terlebih dahulu pada halaman Akun.
  2. Sambilan memiliki hak penuh untuk menerima atau menolak atas proses aktivasi akun yang dilakukan oleh pengguna.
  3. Penyedia jasa memberikan harga yang sesuai dengan jasa yang akan ditawarkan dan dilarang memanipulasi harga penawaran dengan tujuan apapun.
  4. Penyedia jasa dilarang melakukan penawaran atau berdagang barang atau jasa yang terlarang sesuai dengan perundang-undangan negara yang berlaku
  5. Penyedia jasa setuju dan mengetahui bahwa pembayaran atas penyelesaian jasa akan di terima apabila pencari jasa telah menyetujui laporan penyelesaian yang dilaporkan oleh penyedia jasa di aplikasi Sambilan. Dan apabila pencari jasa tidak melakukan persetujuan pada aplikasi Sambilan, maka secara otomatis laporan akan disetujui dan penyedia jasa akan menerima pembayaran ke saldo di aplikasi Sambilan.
  6. Penyedia jasa setuju dan mengetahui bahwa segala bentuk masalah yang terjadi dari Pencari jasa merupakan tanggung jawab dari Pencari jasa.
  7. Penyedia jasa setuju dan mengetahui bahwa ketika melakukan penarikan dana saldo ke rekening yang diinginkan, akan ada biaya tambahan kepada pihak payment gateway sesuai dengan ketentuan yang berlaku di aplikasi Sambilan.
  8. Penyedia jasa setuju dan mengetahui bahwa pusat bantuan dapat dihubungi sesuai dengan Jam Operasional yang berlaku di Sambilan.

V Komisi

  1. Kami tidak mematok berapa besaran biaya ataupun memotong berdasarkan prosentase dari harga jasa, tetapi pengguna dapat memberikan komisi / upah se-ikhlasnya kepada Sambilan sesuai dengan penilaian pengguna atas aplikasi yang telah kami sediakan.
  2. Apabila dikemudian hari akan diberlakukan sistem komisi yang lainnya dalam transaksi Sambilan, maka Sambilan akan memberitahukan kepada pengguna terlebih dahulu

VI Harga

  1. Harga penawaran yang terdapat di Sambilan adalah harga yang ditawarkan oleh Pencari jasa. Pencari jasa dilarang memanipulasi harga penawaran dengan cara apapun.
  2. Pencari jasa dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Jasa yang ditawarkan melalui Sambilan. Sambilan berhak untuk melakukan tindakan pemeriksaan, penundaan, atau penurunan harga, serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian Sambilan atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
  3. Penyedia jasa memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman aplikasi Sambilan dikarenakan tipe gadget yang dipakai Pencari jasa adalah tanggung jawab Pencari jasa.
  4. Pencari jasa memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Pencari jasa. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang yang tidak disengaja, Pencari jasa berhak menolak penawaran yang ditawarkan oleh Penyedia jasa.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Pencari jasa dan Penyedia jasa tentang harga penawaran bukanlah merupakan tanggung jawab Sambilan.
  6. Dengan melakukan transaksi melalui Sambilan, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga penawaran, biaya penyedia transaksi (payment gateway), upah / komisi Sambilan, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
  7. Batasan harga maksimal satuan untuk Barang yang dapat ditawarkan adalah Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah)
  8. Sambilan untuk saat ini hanya melayani transaksi jasa dalam mata uang Rupiah.

VII Biaya Pembayaran dan Penarikan Saldo

    Pengguna memahami dan mengerti bahwa Sambilan telah melakukan kerjasama dengan pihak Penyedia layanan pembayaran (payment gateway), oleh karena itu untuk melakukan pembayaran ataupun penarikan saldo akan dikenakan biaya tambahan terkait dengan kebutuhan pembayaran ataupun penarikan saldo.

VIII Konten

  1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Sambilan, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs Sambilan, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh Sambilan. Sambilan berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  3. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  4. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke tempat lain diluar Sambilan, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada penyedia jasa / calon penyedia jasa.
  5. Pencari jasa menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka Sambilan berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
  6. Ketika Pengguna mengunggah ke Smabilan dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Sambilan hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan (melalui beberapa tingkatan) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya, untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Sambilan.
  7. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam Sambilan. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Sambilan.
  8. Sambilan menyediakan fitur "Diskusi" untuk memudahkan pencari jasa berinteraksi dengan penyedia jasa, perihal Jasa yang sedang dicari. Pencari jasa tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga penawaran, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).
  9. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa daftar pencarian jasa akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Sambilan bertanggung jawab atas ketimpangan dalam daftar. Daftar mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.
  10. Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Sambilan melalui Daftar pencarian jasa akan tunduk pada Ketentuan aplikasi, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.
  11. KOL, Pengguna atau pihak lainnya yang menggunakan fitur Daftar pencarian bertanggungjawab penuh terhadap konten atau materi yang diunggah melalui fitur Daftar pencarian.
  12. Sambilan berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada Daftar pencarian yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan Aplikasi, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku.
  13. Sambilan berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk mengambil tindakan berupa menonaktifkan akun, apabila Pengguna diduga melakukan manipulasi konten, termasuk namun tidak terbatas pada manipulasi penulisan nama penawaran, gambar, deskripsi dan/atau kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mengelabuhi pengguna lain agar tetap dapat melakukan penawaran menggunakan Aplikasi.

IX Jenis Jasa

  1. Jasa yang ditawarkan tidak diperkenankan apabila hasil pelanggaran Hak Cipta, termasuk namun tidak terbatas dalam media berbentuk gambar, informasi dan/atau dokumen elektronik, serta media lain yang bertentangan dengan Undang-Undang Hak Cipta.
  2. Jasa yang ditawarkan tidak diperkenankan bersifat seksual ataupun pornografi dan melanggar ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Segala bentuk jasa yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian aplikasi ini tidak diperkenankan untuk ditawarkan.
  4. Segala bentuk jasa yang melanggar peraturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di wilayah negara Indonesia tidak diperkenankan untuk ditawarkan.

X Promo

  1. Sambilan sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
  2. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Sambilan untuk mengikuti setiap promo Sambilan. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Sambilan.
  3. Sambilan berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi, membatalkan benefit, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menutup akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan Sambilan dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

XI Penarikan Saldo

  1. Penarikan saldo sesama bank akan diproses dalam waktu 1x24 hari operasional Sambilan, sedangkan penarikan saldo antar bank akan diproses dalam waktu 2x24 jam hari operasional Sambilan.
  2. Pengguna menyetejui dan mengetahui bahwa penarikan saldo akan dikenakan biaya tambahan kepada penyedia jasa pembayaran sesuai dengan yang tertera di aplikasi Sambilan.
  3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Sambilan, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Sambilan berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan saldo yang dilakukan oleh Pengguna. Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak Sambilan.

XII Pusat Bantuan

  1. Pusat bantuan adalah halaman yang disediakan oleh Sambilan untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pencari jasa dan Penyedia jasa.
  2. Dengan menggunakan ini maka secara otomatis Sambilan akan menahan dana pembayaran barang ke Penyedia jasa sampai dengan permasalahan yang dilaporkan ke Pusat Bantuan selesai.
  3. Dalam menggunakan fitur ini, Pencari jasa dan Penyedia jasa diharapkan memberikan bukti-bukti transaksi berupa foto dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenar atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak.
  4. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Bantuan dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pencari jasa dan Penyedia jasa.
  5. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Bantuan dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pencari jasa dan Penyedia jasa.
  6. Jika Penyedia jasa tidak memberikan jawaban dalam jangka waktu 2 x 24 jam sejak kendala dibuat, maka kendala secara otomatis akan terselesaikan berdasarkan solusi yang diajukan oleh Pencari jasa.
  7. Jika tidak ditemukan kesepakatan antara Pencari jasa dan Penyedia jasa dalam jangka waktu 2 x 24 jam, maka Sambilan memiliki hak untuk membantu menyelesaikan kendala.
  8. Dalam hal Sambilan membantu menyelesaikan kendala, maka Pencari jasa dan Penyedia jasa menyetujui bahwa Sambilan berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi masing-masing pihak.
  9. Sambilan berwenang untuk melakukan mediasi dan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi Pusat Bantuan, meskipun salah satu pihak (Pencari jasa atau Penyedia jasa) belum memberikan tanggapan atas solusi yang diberikan Pusat Resolusi dalam jangka waktu 2 x 24 jam, dalam hal: (i) Adanya informasi dari pihak ketiga yang berkaitan dalam jalannya transaksi yang memberikan informasi terkait status terkini; (ii) Bukti dari Pencari jasa dan/atau Penyedia jasa yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email Sambilan, Layanan Pengguna, dan lainnya) yang perlu diteruskan ke Pusat Bantuan dengan dasar transparansi masalah; (iii) Laporan dari salah satu pihak disebabkan adanya kelalaian Pencari jasa atau Penyedia jasa; (iv) Salah satu pihak (Pencari jasa atau Penyedia jasa) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (v) Kondisi tertentu yang menyebabkan Sambilan perlu segera melakukan mediasi.
  10. Atas keputusan pertama Sambilan diatas, baik Pencari jasa dan Penyedia jasa memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa pihak yang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya.
  11. Pencari jasa dan Penyedia jasa dengan ini menyetujui bahwa Keputusan Sambilan atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pencari jasa dan Penyedia jasa untuk mematuhinya.
  12. Pengguna memahami bahwa Pusat Bantuan tidak berlaku untuk semua jenis jasa yang dilarang di Sambilan seperti yang ada di halaman Syarat dan Ketentuan.
  13. Pencari jasa dan Penyedia jasa memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian kendala di Pusat Bantuan, wajib memberikan tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak Sambilan pada diskusi terkait.
  14. Pencari jasa dan Penyedia jasa memahami dan menyetujui bahwa penanggungan biaya tambahan selama proses penyelesaian kendala pada Pusat Bantuan didasarkan oleh bukti-bukti dan/atau kesepakatan yang diberikan oleh kedua belah pihak. Apabila Pencari jasa dan/atau Penyedia jasa tidak bersedia untuk menanggung tambahan biaya tersebut, maka Sambilan berwenang memberikan keputusan penanggungan biaya tambahan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  15. Pencari jasa dan Penyedia jasa memahami dan menyetujui bahwa batas waktu untuk pemberian bukti adalah maksimal 2 x 24 jam terhitung sejak Sambilan melakukan permintaan bukti kepada Pencari jasa dan Penyedia jasa atas transaksi terkait.
  16. Tata cara menggunakan Pusat Bantuan selengkapnya dapat dilihat pada Halaman Bantuan Pusat Bantuan sesuai dengan jam operasional yang berlaku.

XIII Ketentuan Lain

    Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam aplikasi Sambilan maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan Sambilan secara umum.

XIV Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

    Sambilan adalah aplikasi dengan model Customer to Customer Marketplace Services, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Pencari jasa maupun Penyedia jasa di aplikasi Sambilan. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member Sambilan, sehingga Pencari jasa memahami bahwa batasan tanggung jawab Sambilan secara proporsional adalah sebagai penyedia aplikasi.

    Sambilan akan selalu berupaya untuk menjaga aplikasi yang aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Aplikasi kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam aplikasi Sambilan memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

    Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Sambilan atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Sambilan diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

    Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Sambilan (termasuk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Sambilan bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
    1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Tokopedia.
    2. Harga, Pnawaran atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Sambilan.
    3. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan aplikasi Sambilan.
    4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
    5. Kualitas jasa dari Penyedia jasa
    6. Proses pengerjaan jasa
    7. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual
    8. Perselisihan antar pengguna
    9. Pencemaran nama baik pihak lain
    10. Setiap penyalahgunaan jasa yang sudah dipilih oleh Pencari jasa
    11. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Sambilan, yang dengan cara apapun mengatas-namakan Sambilan ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
    12. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Sambilan.
    13. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Sambilan.
    14. Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan Sambilan.
    15. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam aplikasi Sambilan yang diduga palsu.
    16. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
    17. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.

XV Pelepasan

    Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan Sambilan (termasuk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari jasa yang telah dilarang pada Poin IX. Jenis Barang. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

XVI Ganti Rugi

    Pengguna akan melepaskan Sambilan dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Sambilan (termasuk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Sambilan yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

XVII Pilihan Hukum

    Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan aplikasi dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

XVIII Pembaharuan

    Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sambilan menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Sambilan, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.

XIX Biaya Layanan

    Kami tidak mematok berapa besaran biaya ataupun memotong berdasarkan prosentase dari harga jasa, tetapi pengguna dapat memberikan komisi / upah se-ikhlasnya kepada Sambilan sesuai dengan penilaian pengguna atas aplikasi yang telah kami sediakan.